Selasa, 27 Oktober 2015

Jangan Panik, Jabarkan Masalah

Suatu hari aku pernah merasa mumet banget sama semua hal yang harus aku kerjain, seakan-akan semua masalah itu betumpuk gitu kaya kue lapis, biasanya klo udah begitu aku ngeblank, dan apa yang aku lakukan, pokonya itu hal yang paling tepat kalau semua masalah lagi numpuk YAITU "TIDUR !!!", bener nggak sihh, kan dari pada pusing mikir-mikir, mending tidur , lumayan buat nenangin otak, heheehee yang ada bikin mimpi buruk malah. Ok tapi aku beneran tidur waktu itu, dan didalam mimpi tiba-tiba aja muncul muka kakak sepupuku namanya Dedy, dia bilang gini, "TIDUR MULU TUHH SKRIPSI DIKERJAIN", habis tuh muncul wajah misterius, "REVISI PUT, REVISI", tiba-tiba muncul lagi sosok ade ku namanya Nada "KAPAN PULANG, SELESAIKAN LUKISANKU", terus dibelakang nada muncul sosok cewe, "CEPAT KE PENAJAM, TANDATANGAN SECEPATNYA, KALAU NGGAK BEASISWA NGGAK CAIR", dalam tidur aku nangis, aku nangis terseduh-seduh, terutama ketika denger ucapan sosok cewe dibelakang Nada, duit brooo siapa yang nggak mau, habis tuh aku bangun, belek bercampur air mata udah dimana-mana, dengan rambut  kriting mekar nggak karu-karuan, aku berusaha buka mata walaupun agak susah, soalnya belek sudah kaya lem kanji, tau kan lem kanji, lem kertas yang bentuknya kaya cendol belum jadi gitu cuman warnanya putih butek kaya muka ku saat itu, hahaha kalo gitu bukan cuman mata dong yang nggak bisa tebuka. Oke pas aku bangun, tiba-tiba aja ada secercah cahaya gitu, ples suara, bunyinya seperti lagu opening Power Rangger yang "go go power rangger...", ohhh ternyata Hp ku, ada SMS, isinya "Eh Put cepat pulang, lukisanya dikumpul hari Sabtu", ya Allah ni Ade durhaka, dia yang punya tugas, kakanya yang disuruh ngerjakan, setelah liat SMS Nada tadi aku tersadar, auuu masih banyak nih masalah yang harus ku selesaikan terutama SKRIPSI !!! itu Skripsi sudah ku anggurin sebulan, biasanyakan seminggu aku udah bimbingan lagi, maklum anak rajin, seminggu bimbingan sebualan menghilang, setahun Amesia, hihihihihi, jadi kalau dihitung-hitung udah  setahun lebih ini skripsi blum kelar, nda papa dah, ntar juga tuh skripsi munyak, jadi dia ngerjain dirinya sendiri, " harapan yang mustahil sihh". Oya pas aku sudah sepenuhnya sadar, tiba-tiba aja aku dapat Ilham dari langit gitu, bukan Ilham tetanggak ku loh yah, klo dia yang jatuh dari langit bisa K.O aku, kelar masalah, kelar juga hidup, kalian tahu sendiri tingginya langit kaya apa, aku dapat ide buat nulis semua masalah-maslah ku di sebuah buku, yahh macam diary gitu, tapi nggak selebai diary anak alay, yang isinya panjang, lebar, melekuk-lekuk, tak berbobot,,,gimana nggak, kebanyakkan curcolnya dibanding pembelajaranya, makanya kalau buat diary tuh tulis yang ada pembelajaranya, IPA kh, IPS, PPKN, Matematika gitu,,, bukan, bukan, maksudnya pembelajaran hidup. Terus setelah memutuskan buat nulis, akhirnya aku nulisin maslah-masalah ku dalam bentuk poin-poin, aku urutin tuh mana yang harus aku selesaikan deluan mana yang bisa ditunda-tunda dlu, dan ternyata masalah aku nda banyak-banyak amat yahh cuman 125 halaman, itu masalah atau undang-undang yah, ckckckck, nggak,, nggak cuman sekitar 8 poin kok, dan akhirnya aku sadar bahwa sanya masalah itu kalau cuman kita pikiri bakalan ruet banget, jadi kaya benang kusut gitu dalam otak, tapi kalu kita jabarkan, buktinya hanya jadi beberapa poin, dan disini juga aku dapat pelajaran kalau untuk menyelesaikan masalah kita harus jabarin dulu masalah kita itu apa-apa aja, terus kita selesai in satu-persatu. Ok guys sekian saran dari aku, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar